Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENDAKI GUNUNG GEDE PANGRANGO UNTUK PENDAKI PEMULA

Punya keinginan mendaki ke gunung gede pangrango?, ada baiknya anda pelajari dulu hal-hal yang perlu diperhatikan dan persiapkan sebelum pendakian dimulai. Karena setiap gunung memiliki aturan yang berbeda-beda baik dari pendaftaran maupun aturan Ketika mendaki. Jangan sampe kita minim persiapan yang malah dapat membahayakan perjalanan pendakian kita.

puncak gunung gede

Saya pernah menemukan beberapa pendaki yang tidak lengkap persyaratan administrasi di gunung gede pangrango sehingga pendakiannya terancam dibatalkan, padahal saya rasa pendaki-pendaki tersebut berasal dari wilayah yang jauh dari Cibodas. Awalnya mereka meminta tolong kepada kami, sebenarnya bukannya kita tidak mau menolong, tapi kami juga punya tanggungjawab membawa rombongan pendaki yang kami bawa dari Bekasi, khawatir “bantuan” yang kita berikan juga malah membahayakan rencana pendakian kami, lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung gede pangrango?

Perhatikan Aturan di Gunung Gede Pangrango :

1. Jalankan Aturan Legal Gunung Gede Pangrango

Pendaki yang baik adalah pendaki yang kooperatif dengan aturan-aturan yang telah dibuat oleh pengelola gunung manapun. Banyak kejadian-kejadian janggal bahkan sampai merenggut nyawa seseorang, karena salah satu penyebabnya tidak mengikuti aturan yang telah dibuat oleh pengelolah. Perlu kita ketahui bahwa setiap peraturan dibuat untuk menjamin keamanan dan keselamatan para pendaki dan meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. 

pos gunung putri

Maka dari itu kita harus pelajari betul Aturan-aturan legal yang diterapkan oleh pihak pengelola TNGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Jangan sekali-sekali mendaki melalui jalur ilegal/calo karena mereka sama sekali tidak bertanggungjawab atas keselamatan kita nantinya. 

Sedikit 'repot' tidak masalah untuk kita yang penting pentjalanan pendakian kita tidak ada kendala baik dari segi administrasi maupun keselamatan selama pendakian. 

2. Daftar Online untuk Mendaki Gunung Gede

Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) adalah salah satu gunung yang menerapkan booking online untuk pendaftaran pendakian. Kuota pendaki perharinyapun dibatasi beberapa orang saja, makanya kita perlu cek kuota ditanggal yang akan kita lakukan pendakian, apakah masih ada kuota pendaki atau sudah penuh. Nah, untuk mengecek kuota pendaki bisa lihat langsung situsnya, hal ini memudahkan kita untuk mengatur jadwal nantinya. 


Apabila sudah penuh maka kita tukar jadwal dengan hari yang masih ada kuota, dari sana bisa kita jadikan patokan untuk mengatur ulang jadwal pendakian yang sudah kita rencanakan. 

3. Disarankan lintas Jalur Gunung Putri - Cibodas

Hal ini bukan menajadi sebuah keharusan, sekedar saran baik dan banyak dipraktekan oleh teman-teman pendaki lainnya. 

alun-alun surya kencana

Gunung Gede memiliki 3 jalur pendakian resmi diantaranya jalur Cibodas, jalur Kaki Gunung Putri dan Jalur Salabintana. Cibodas menjadi jalur favorit para pendaki, karena melalui jalur tersebut kita akan melewati beberapa destinasi alam, seperti danau, rawa, air panas dsb. Tapi minesnya jalur ini adalah kita tidak bisa ngecamp awal di Alun-alun surya Kencana. 

jalur cibodas gunung gede

Baca Juga : Pendakian Ke 3 Ke Gunung Gede

Makanya saya sarankan untuk melewati jalur lintas, berangkat dari jalur gunung putri turun melalui jalur Cibodas. Jalur gunung putri memang tergolong sedikit sulit, karena jalurnya menanjak terus dibeberapa pos pendakian juga kita harus menaiki akar-akar pohon sebagai tangga. Lelah memang, tapi nanti kita punya kesempatan untuk ngecamp di hamparan dataran luas sebelum puncak yaitu Alun-alun Surya Kencana dan ini merupakan tempat terbaik untuk camp jika kita mendaki gunung gede. 

jalur cibodas gunung gede

Jarak dari Alun-alun surya kencana menuju puncak juga tidak terlalu jauh, hanya menghabiskan waktu sekitar 1-3 jam saja. 

Setelah sampai puncak kita turun melalui jalur Cibodas, kenapa? Karena agar kita merasakan sensasi jalur yang berbeda, kalau sebelumnya dijalur gunung putri kita dikuras tenaga tanpa ampun turun di jalur Cibodaa akan lebih santai, kita akan melewati beberapa destinasi alam seperti curug, air terjun kecil, air panas, jembatan panjang diatas rawa, danau dan yang lainnya. 

tanajakan setan gunung gede


Nah itu saja dulu, tentang tips bagi kalian ketika ingin melakukan pendakian ke gunung Gede Pangrango. Selamat mendaki tetap jaga lestari dan jangan pernah takut untuk selalu bermimpi. 

*Rian Sahrudin

Posting Komentar untuk "TIPS MENDAKI GUNUNG GEDE PANGRANGO UNTUK PENDAKI PEMULA"