Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Guntur 2249 Mdpl Garut - Jangan Remehkan Ketinggiannya

Assalamualaikum sobat Pro Hiking.

Pada kesempatan ini kami akan sedikit bercerita kembali tentang perjalana kami ke Salah satu gunung indah di  Indonesia yaitu Gunung Guntur yang Berada di Garut Jawa Barat. Adapun jalur yang kami lalui adalah melalui Jalur Citiis walaupun banyak teman yang merekomendasikan Via jalur Cikahuripan karena jalur tersebut adalah jalur yang sangat populer, tapi ketika kami bertanya ke supir Pickup beliau menyarakankan masuk melalui jalur Cetiis "karena jalur tersebut merupakan jalur Resmi" Tegasnya.
  • Berapa Ketinggian Gunung Guntur?
Kalau kita naik gunung biasanya kita mencari tahu dahulu tentang ketinggian gunung tersebut. Satuan untuk mengukur ketinggian sebuah gunung biasanya diukur dengan satuan MDPL atau Meter Diatas Permukaan Laut. Lalu Gunung Guntur Berapa MDPL? , Gunung Guntur Garut memiliki ketinggian 2249 MDPL cukup rekomded untuk pendaki-pendaki pemula, karena trek jalurnya masih cukup ramah. Tapi jangan diremehkan juga loh, karena beberapa pendaki juga kewalahan menaiki gunung ini, apalagi perjalan dari Pos 3 sampai Puncak 1, disini baru kita mulai pendakian kerasnya.
Sebagai info bagi pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung ini, kita akan diarahkan membuka tenda (Camp) di Pos 3, karena disini banyak tersedia dataran-dataran landai untuk buka tenda dan terdapat sumber mata air dari sungai yang ada di pos tersebut. Jadi, silahkan teman-teman untuk beristirahat, makan dan santai terlebih dahulu di Pos 3 ini.

  • Transportasi & Tiket Masuk Gunung Guntur

Kami memulai perjalan ke gunung Guntur garut dari Bekasi, tergolong masih mudah untuk menemukan moda transport menuju kesana (transportasi hampis sama seperti menuju Gunung Cikuray). Perjalanan bisa kita mulai dari Terminal Bekasi, Naik Bus Primajasa jurusan Garut dengan Biaya Rp. 55.000 AC(Ekonomi sekitar Rp.40.000). Karena sebelumnya kita sudah janjian sama supir Pick Up  untuk bertemu di alun-alun Tarogong maka kami turun di alun-alun tarogong. 


Kemudian naik Pick Up ke Base Camp sebesar Rp. 25.000/Orang (harga ini sama seperti dari terminal ke base camp). Di Basecamp kita bisa beristirahat dulu, tersedia pula berbagai makanan dan minuman yang bisa kita beli disana.

Bila sudah siap melakukan perjalanan, kita akan diberikan semacam surat perjalanan yang harus kita bawa dari POS 1 sampai POS 3 dan dibawa kembali ke Basecamp setelah turun. Surat tersebut berisi beberapa peraturan dan isian biodata Anggota kelompok pendakian kita. 

  • Keindahan selama perjalanan Pendakian Gunung Guntur
Perjalanan dari Base Camp ke POS 1 cukup menarik, kita kita sudah bisa menikmati keindahan perjalanan mulai dari sana. Disebelah kanan dan kiri jalur pendakian terdapat banyak bunga-bunga bermekaran. Warna-warninya membuat kita selalu rindu untuk kembali kesana. 

Baru mulai perjalanan kami sudah dicegat oleh salah satu warga disana. Beliau meminta sumbangan seikhlasnya untuk keperluan warga. Hal ini sebelumnya tidak kami ketahui, entahlah ini yang disebut pungli atau bukan. Tapi kita tetap memberikan uang kepada Bapak-bapak tersebut sebesar Rp. 5.000 yang ditukar dengan sebotol air ukuran 300 Ml.

sampai di POS 1 kami menyerahkan surat perjalanan yang kami bawa dari Basecamp untuk ditandatangani di POS 1. Nah disini kita baru membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000/ Orang. Sudah termasuk asuransi dsb.

Perjalanan menuju POS 2 ada beberapa warung yang bisa kita kunjungi untuk beristirahat, trek menuju pos 2 sudah sedikit sulit karena sudah ada bebatuan yang harus kita lewati disana. Tapi yang menarik, di pos 2 ini terdapat sungai yang bisa kita manfaatkan untuk mengambil air atau sekedar menikmati segarnya air gunung asli. keadaan Pos 2 gunung Guntur cukup sederhana hanya sebuah batu besar untur beristirahat, sebuah sungai dan indikasi nama POS 2.

Perjalanan menuju POS 3 hampir sama keadaanya seperti menuju POS 2, jaraknya pun tidak terlalu jauh antara satu POS dengan POS yang lainnya. 

Sampai di POS 3 kita kembali menyerahkan Surat perjalanan yang kita bawa serta tiket masuk yang kita dapatkan di POS 1. Di POS 3 ini kita harus memberikan kartu identitas perwakilan dari kelompok pendakian, bisa KTP, Kartu pelajar/mahasiswa dsb. Nah, di POS 3 ini kita membuka tenda dan beristirahat, sambil menunggu malam untuk summit di Pagi hari.i

Dini hari pukul 03.00 WIB kami memulai pendakian ke puncak dari POS 3. Ini baru perjalanan yang berat di Gunung Guntur. Karena treknya naik terus dan pepasiran kering banyak batu dan kerikil yang sering kali membuat kita terpeleset dan terjatuh. Untuk pendaki pemula seperti kami, hal ini banyak memakan tenaga dan waktu. Waktu perjalanan yang seharusnya 2-3 Jam kami tempuh mejadi sekitar 7 jam. Luar biasa bukan?..hee


Tapi semua lelah terbayarkan ketia kita sampai puncak. Seperti hidup ini, semua lelahnya kita untuk menjadi yang terbaik akan terbayarkan ketika kita meraih puncak keberhasilan.

2 Mei 2018
"> ">

Posting Komentar untuk "Gunung Guntur 2249 Mdpl Garut - Jangan Remehkan Ketinggiannya"